Sejarah

By Fauzi Ahmad Kamil 07 Apr 2014, 13:10:57 WIB

Ada beberapa alasan yang melatar belakangi berdirinya LPK HII ini. Pertama, adanya keinginan dari Pendiri LPK HII untuk membantu anak-anak muda Sukabumi agar bisa berbahasa Jepang dan selanjutnya agar mereka bisa bekerja di Jepang. Kedua, Adanya peluang untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja muda di Jepang. Peluang ini muncul akibat adanya kerjasama antara Pemerintah Jepang dengan Pemerintah Indonesia mengenai penempatan tenaga kerja Indonesia yang berketerampilan spesifik untuk bekerja di Jepang. Dalam kerjasama ini Pemerintah Jepang membuka peluang kerja pada 14 sektor bagi tenaga kerja asing dengan keterampilan spesifik. Dalam 5 tahun ke depan, Pemerintah Jepang telah mengindikasikan jumlah pekerja yang akan diterima untuk masing-masing sektor dimulai dari tahun 2019 ini. Total kuota tenaga kerja yang dibutuhkan Jepang adalah 345.150 orang. Ketiga, dengan semakin menurunnya tingkat kelahiran di Jepang karena berkurangnya angka pernikahan di Jepang menyebabkan semakin menurunnya jumlah sumber daya tenaga kerja muda di Jepang untuk mengisi pos-pos pekerjaan yang ada diJepang yang memiliki pengaruh terhadap keadaan ekonomi dan industri di Jepang. Kondisi ini memaksa Pemerintah Jepang untuk merekrut dan mempekerjakan pekerja asing untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tenaga kerja tersebut. Dengan alasan inilah maka didirikan Yayasan Hikari Internasional Indonesia di Sukabumi pada tanggal 28 Juni 2018 dengan nama Lembaga Pendidikan yang bernama LPK Hikari Internasional Indonesia.

Didirikannya LPK HII ini bertujuan agar dapat melatih putera/i Sukabumi khususnya dan putera/i Indonesia umumnya untuk dapat menguasai bahasa Jepang, budaya kerja Jepang dan keterampilan yang dibutuhkan dalam pekerjaannya oleh Perusahaan Penerima di Jepang. Dan tujuan lainnya adalah ikut berperan serta dalam membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia agar mereka nantinya bisa memberikan konstribusi positif dalam pembangunan ekonomi, industri dan kemajuan perusahaan di Indonesia.

Meskipun usia LPK HII masih relatif muda, namun LPK HII akan terus-menerus berusaha secara maksimal untuk mempersiapkan siswa/i nya guna memenuhi kebutuhan-kebutuhan tenaga kerja di Jepang dengan standar dan kualitas yang diterima oleh Perusahaan Penerima di Jepang. LPK HII bisa memberangkatkan siswa/i didikannya untuk bekerja di Perusahaan Penerima di Jepang secara langsung Dan karena tingkat kepuasan Perusahaan Penerima di Jepang akan kualitas siswa/i LPK HII cukup tinggi, maka permintaan tenaga kerja hasil didikan LPK HII pun semakin meningkat.

Ada kelebihan lain yang dimiliki oleh LPK HII yaitu posisi/letak kantor dan sekolahnya ada di pusat kota Sukabumi sehingga mudah untuk dijangkau oleh orang diluar Sukabumi dan juga dekat dengan berbagai SMK dan Perguruan Tinggi sehingga memudahkan untuk melakukan perekrutan dan penyeleksian calon siswa-i yang berminat untuk belajar bahasa Jepang dan ingin pergi bekerja ke Jepang.