Metode Pembelajaran

By Fauzi Ahmad Kamil 29 Jan 2021, 10:35:57 WIB

Pembelajaran di LPK HII menggunakan sistem pembelajaran Intensif setiap hari mulai hari Senin – Jum’at dari jam 08.00 – 15.00. Pendidikan dan pelatihannya meliputi kemampuan Bahasa Jepang dan pengetahuan budaya Jepang, Latihan Fisik, Sikap Mental dan Disiplin, dan Keterampilan Dasar. Referensi buku yang digunakan di LPK HII adalah buku Minnano Nihongo Shokyu I & II, Kaigono Nihongo, yang akan dipelajari selama kurang lebih 6 bulan. Diakhir masa pembelajaran semua siswa diwajibkan untuk mengikuti ujian kemampuan bahasa Jepang seperti JLPT, NATT-Test, JFT Basic, dll. dengan level kemampuan bahasa setara N4.

Berikut materi-materi yang diajarkan di LPK HII diantaranya :

  1. Bahasa Jepang sampai Level N4

Metode pembelajaran bahasa Jepang dilakukan dengan menggunakan berbagai macam cara, diantaranya: 1. Penjelasan satu arah dari guru pengajar yang mengajarkan tentang tata bahasa, kosa kata, huruf kanji, dll. 2. Latihan percakapan dengan menggunakan bahasa Jepang dalam pengajarannya agar siswa terbiasa berbicara dan mendengar percakapan bahasa Jepang, 3. Presentasi siswa/i dalam bahasa Jepang agar siswa mampu dan berani bicara mengekspresikan pikirannya didepan umum dengan menggunakan bahasa Jepang, 4. Diskusi kelompok untuk melatih mencari solusi bersama-sama, 5. Soal latihan harian untuk memantapkan penguasaan materi per bab, 6. Ujian kecil dan ujian besar untuk mengevaluasi pemahaman materi, 7. Menulis karangan dalam bahasa Jepang agar terbiasa menulis dalam bahasa Jepang, 8. Menggunakan bahasa Jepang seharian penuh dilingkungan sekolah agar siswa terbiasa dan menjadi spontan dalam menggunakan bahasa Jepang dan metode-metode lainnya.

  1. Latihan fisik

Dilakukan kegiatan olahraga setiap hari senin dan kamis mulai jam 16.00 – 17.00 agar siswa/i selalu dalam keadaan sehat, kuat, dan sudah siap jika ada tes fisik dalam seleksi perusahaan penerima.

  1. Sikap Mental dan Disiplin

Diajarkan berbagai macam sikap mental dan disiplin yang diterapkan di jepang, diantaranya: 5S (Seiri, Seiton, Seisho, Seiketsu, Shitsuke), HouRenSou, Manajemen Waktu, Teknik Wawancara Kerja, Kesehatan dan keselamatan kerja, Standard Operating Procedure, Budaya dan Sikap Kerja di Jepang dan lain-lain.

  1. Ketrampilan Dasar (disesuaikan dengan Permintaan Perusahaan Penerima)

Setelah siswa/i mendapatkan Perusahaan Penerimanya di Jepang maka diajarkan bahasa Jepang dan keterampilan kerja yang sesuai dengan bidang pekerjaan dari Perusahaan Penerima agar lebih faham dan menguasai bidang pekerjaan nantinya. Berikut keterampilan dasar yang diajarkan diantaranya: Perawat Panti Jompo, Dasar-dasar pengoperasian mesin, Pengelasan, Perakitan part mekanik dan elektronik, Pengecatan, Instalasi listrik bangunan, dan lain-lain.